dodikkurniawan

Berbuat baik kepada semua orang adalah desain hidup saya.

Tips-tips Mempromosikan Blog

Anda telah memiliki blog, mempunyai tulisan yang bagus, dan penuh dengan pernak-pernik lucu dan menarik. Tapi usaha Anda akan terbuang sia-sia bila tidak ada yang mengunjungi blog Anda dan membaca artikel Anda. Agar blog Anda dapat dikunjungi orang, tentunya Anda pun harus melakukan promosi agar blog Anda dikenal.

Berikut adalah beberapa cara untuk mempromosikan blog Anda yang saya ambilkan dari http://cosaaranda.com/

1. Tuliskan URL blog Anda pada friendster, facebook, atau layanan komunitas lainnya. Misalnya: Silakan mampir ke blogku ya di http://dodikkurniawan.blogdetik.com/

2. Tuliskan nama dan URL blog Anda sebagai signature di email maupun di forum. 

3. Blogwalking
Blogwalking adalah istilah untuk mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan jejak berupa komentar dan memberikan URL blog Anda pada komentar-komentar Anda. Bila komentar-komentar yang Anda berikan bermanfaat dan menarik bagi pengunjung blog yang Anda komentari, maka pengunjung blog tersebut juga akan mengunjungi blog Anda dan membaca artikel yang Anda tulis.

4. Status Yahoo Messenger
Ganti status standard yang ada di Yahoo Messenger Anda. Tulis URL blog Anda dan sekilas tentang judul artikel terbaru yang Anda tulis. Status ini akan terlihat oleh teman-teman Anda yang sedang online, sehingga ada kemungkinan blog Anda akan dikunjungi oleh mereka.

5. Daftarkan blog Anda di blog directory
Pendaftaran blog ke blog directory biasanya akan mengharuskan Anda untuk memasang kode HTML yang disediakan (biasanya berupa gambar tombol kecil) oleh mereka sebagai syarat agar blog Anda masuk ke dalam daftar blog directory tersebut. Anda dapat memasukkan kode tersebut ke dalam blog Anda melalui Tambah Gadget. Blog directory biasanya digunakan oleh orang-orang yang memang mencari blog dengan kategori tertentu.

6. SEO
SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik-teknik untuk mendapatkan peringkat terhormat di situs pencarian.

Dari semua tips di atas, alangkah baiknya kita terus menerus menulis di blog, masalah traffic adalah urusan belakangan, toh.. nanti pasti akan datang juga pengunjung di blog kita.

0 komentar: