dodikkurniawan

Berbuat baik kepada semua orang adalah desain hidup saya.

Trik Dosen Menghadapi Mahasiswa Yang Mengantuk dan Malas Membaca

Ada-ada saja trik Dosen untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul selama proses pembelajaran. Misalnya: mahasiswa yang malas membaca, ngantuk waktu di kelas, bengong, ngomong sendiri, atau bahkan sampai ada yang tertidur pulas. he he.. (termasuk saya sendiri)

Berdasarkan pengalaman saya sendiri di perkuliahan, ada beberapa trik dosen dari dosen untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah pertama: Mahasiswa malas membaca. Bagaimana cara dosen untuk mengatasi masalah tersebut? yaitu dengan menugaskan untuk membuat resume dan makalah, bahan untuk meresume dan makalah tidak lain dan tidak bukan adalah buku wajib. Awalnya saya sempat binggung, ngapain diresume dan dibuat makalah lagi lawong bukunya juga saya sudah punya, tapi setelah saya pikir-pikir, ternyata maksud di dosen bukan hanya untuk memberi tugas kepada mahasiswanya tetapi lebih kepada supaya mahasiswanya membaca buku tersebut. Misalkan tidak disuruh buat resume dan makalah saya pasti tidak akan membaca buku tersebut, kecuali mau ujian. he he..



Masalah kedua: Mahasiswa yang mengantuk atau bahkan tertidur di kelas. Untuk masalah yang satu ini, dosen biasanya menggunakan senjata "jari sakti", yang dimaksud "jari sakti" di sini adalah seorang dosen menunjuk atau memberi pertanyaan kepada mahasiswa yang mengantuk, setelah memberi pertanyaan mahasiswa dipersilahkan untuk cuci muka supaya tidak mengantuk lagi.


Berikut adalah beberapa contoh pengajar menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi tanpa harus teriak-teriak. Kadang sering kita temui pengajar yang sedikit-sedikit teriak, apalagi sampai mengata-ngatai mahasiswanya. Buat calon pendidik dan pendidik seluruh Indonesia, jangan kita menghina peserta didik dihadapan teman-temannya, semua masalah pembelajaran bisa diatasi tanpa harus teriak-teriak.

0 komentar: