dodikkurniawan

Berbuat baik kepada semua orang adalah desain hidup saya.

Mengatasi Makhluk Pemakan Bandwidth (Netcut-ers) dengan Static ARP

Netcut, sebuah aplikasi yang mula-mula digunakan para admin jaringan untuk menendang komputer yang tidak berhak ada di jaringannya, tapi sekarang malah digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk menguasai sendiri bandwidth suatu jaringan. Menurut saya para Netcut-ers (biasa saya menyebut pengguna Netcut) adalah manusia pemakan bandwith yang ingin menang sendiri, halah.. paling-paling bandwidth yang mereka pakai kalau tidak buat buka Facebook ya buat download. Kok ngomongin di kampus, di SMA tempat saya bekerja yang kebetulan sudah banyak siswa-siswi yang membawa laptop, Netcut-ers banyak banget.


Setelah mengetahui di kampus sudah mengejala mahasiswa pemakan bandwith, cepat-cepat laptop saya bekali antiNetcut. Nah.. Sebenarnya bagaimana sih cara kerja Netcut, sehingga sebegitu hebatnya? Berikut sedikit materi yang saya dapat dari jalan-jalan di rumah mbah Google. He he..





Sekilas cara kerja netcut:

1. NetCut menjadikan laptop/komputernya sebagai gateway. Jadi dia bebas mengatur siapa yang masuk, dan siapa yang perlu ditendang keluar.

2. Bekerja berdasarkan ARP (Address Resolution Protocol) Spoofing.
Jadi dia mengelabuhi mac adress komputer satu Dengan IP adress Komputer lain.
Misal, komputer A mau komunikasi ke B. Tapi, tiba2 si C mengangu komunikasi. Karena sebelumnya si C sudah sukses melakukan penyusupan di bagian ARP.
Jadi si C bisa suka aja mau diapain tuh data yang sudah di copet. Mau di putus, di sambung semua terserah padanya.

3. Software netcut ini paling popular di kalangan pengguna internet wifi gratisan.

4. Software ini buat sakit hati.

Sumber dari http://kisaranku.blogspot.com/2010/04/cara-kerja-netcut-cara-mengatasi-netcut.html


Hebat bukan ? dengan mengacaukan jaringan menggunakan posoning ARP attack sebuah sistem jaringan yang baik bisa di bodohi dengan sempurna.

Lalu Bagai mana caranya mencegah atau usaha apa yang bisa dilakukan agar tidak terpengaruh racun arp ini ?


Salah satu caranya adalah dengan me set arp static pada komputer


misal padadengan cara mengetikan perintah berikut pada command prompt :


misal untuk IP 192.168.1.1 dan MAC 00:1e:58:3f:c5:de


ketik perintah berikut:

arp –s 192.168.1.1 00-1e-58-3f-c5-de


Nah software yang harus diGunakan adalah :

1. arpwatch

2. tcpdump

3. Wireshark


Sumber dari http://mazumam.doscom.org/2010/01/waknu-ngenet-kena-netcut-pake-static.html


Dan Ini ada sedikit Tips tambahan Mengatasi Serangan Netcut .

Tips menangkal serangan Netcut:

1.Jangan Pernah menggunakan Netcut untuk hal yang buruk, atau anda disebut pencuri. Sekali orang dirugikan akibat perbuatan anda, maka akan ada dendam. Ini sudah terbukti di sekolah saya.

2.Rubah IP address anda apabila merasa dijahili dengan Netcut. Dan jangan pernah beritahukan alamat IP anda pada orang yang anda curigai sebagai pengguna netcut. Karena, pengguna netcut tidak akan bisa memutuskan koneksi komputer kita tanpa mengetahui IP kita.

3.Gunakan Anti Netcut (tetapi netcut selalu lebih maju dari anti netcut). Anda bisa mendownloadnya di sini!.

4.Hidden komputer dari LAN pake XP antispy. Sebenarnya, saya kurang tau mengenai software ini. Maklum, kan masih SMK. Hehe. Tapi menurut hasil browsingan saya, XP antispy adalah utiliti kecil untuk menyingkirkan atau menonaktifkan program-program yang tidak diperlukan. Bisa jadi, XP antispy terbaru bisa menonaktifkan Netcut. Atau mungkin, kita bisa meng-hidden komputer kita agar pengguna netcut tidak bisa mendeteksi komputer kita.

5.Install anti ARP (trial). Mungkin saja Anti ARP ini bukan freeware, jadi mungkin lebih baik pakai trialnya saja yang gratis. AntiARP fitures: intercept ARP spoofing / ARP serangan / peracunan ARP, intercept Alamat IP konflik, Mencegah serangan Dos, Keselamatan modus, ARP arus analisis, Lindungi ARP cache, pertahanan aktif, Cari penyerang,membersihkan virus ARP.

6.Rubah MAC Address. MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address. Salah satu software yang bisa digunakan untuk mengubah MAC address adalah K-Mac. K-Mac biasanya di gunakan dalam proses membobol jaringan Lan atau Wifi yang menerapkan filltering Mac, jadi K-Mac di pergunakan pada tahap akhir proses hack WiFi yang ter enskripsi atau terkunci. Bila kita terkena serangan NetCut, dapat di akali dengan K-Mac, kemudian aktifkan NetCut untuk proteksi.

Sumber dari http://princezz-shinta.blogspot.com/2009/05/tentang-netcut-dan-cara-mengatasinya_28.html


Ingat! Kita hidup di dunia ini tidak sendirian, semua harus berbagi tak terkecuali penggunaan wifi. Semoga para Netcut-ers segera sadar setelah membaca posting ini.

Pesan buat admin Jaringan Teknik Elektro atau Perpustakaan Universitas Negeri Malang, tolong ditertibkan para Netcut-ers bagaimanapun caranya.

Salam hangat ,

Semoga para Netcut-ers segera tobat.


DK

0 komentar: