dodikkurniawan

Berbuat baik kepada semua orang adalah desain hidup saya.

17 Tips Cespleng Melawan Rasa Kantuk

Sering kali waktu dosen sedang menyampaikan materi, saya sendiri dan teman-teman satu kelas sudah menunjukkan tanda-tanda berkurangnya daya alias ngantuk. Maklum juga sih, mereka rata-rata sudah bekerja dan capeknya pasti dibawa ke kelas.

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba konsultasi ke netsains.com dan dibalas beberapa hari kemudian dengan 17 tips "cespleng" melawan rasa kantuk.




  1. Dimulai saat bangun tidur, milikilah semangat yang membara untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Tuhan dan kehidupan.
  2. Berdoa dan bersyukurlah selalu kepada Tuhan atas segala karunia dan nikmatNya.
  3. Milikilah niat dan motivasi yang kuat untuk melakukan semua agenda yang TERTULIS untuk hari ini. Rayakanlah bila satu target Anda telah terpenuhi, misalnya memanjakan diri dengan membeli makanan/minuman favorit.
  4. Ubahlah mindset Anda, yaitu dengan berpikir positif tentang dosen yang sedang mengajar, apapun materinya, meskipun Anda tidak/kurang suka. Mengingat nasihat Gao Xingjian, peraih nobel sastra, bahwa orang lain adalah neraka,....seperti itulah yang akan terjadi jika "diri" (termasuk pikiran) ini lepas kendali... .
  5. Sebelum mengikuti kuliah, minumlah jus segar, minum es buah, makan es krim, namun jangan makan/minum yang membuat Anda terlalu kenyang, sebab ini akan membuat Anda mengantuk dan tertidur di kelas.
  6. Malam hari sebelum kuliah, hindari pergi ke tempat dugem.
  7. Milikilah pola diet yang tepat dan seimbang, misalnya: 4 sehat 5 sempurna.
  8. Berolahragalah setiap hari sekitar 30-60 menit di pagi hari, secara teratur.
  9. Milikilah pola tidur yang teratur setiap harinya, idealnya 6-8 jam setiap harinya.
  10. Bila memungkinkan, sempatkan diri untuk tidur siang atau "tiduran" selama sekitar 10-30 menit.
  11. Hindari begadang hingga larut malam.
  12. Jangan terlalu capek saat mengikuti kuliah.
  13. Sebelum kuliah dimulai, Anda dapat membasuh/mencuci muka terlebih dahulu. Bila Anda seorang muslim, berwudhu dahulu lebih baik.
  14. Lakukanlah gerak badan atau peregangan badan sekitar 5-10 menit sebelum kuliah dimulai.
  15. Berusahalah untuk mengambil bangku/kursi terdepan.
  16. Duduklah bersebelahan dengan sahabat Anda.
  17. Untuk posisi duduk, boleh dicoba anda berada di antara (diapit) dua kawan Anda, jadi posisi Anda di tengah-tengah, namun masih dalam deretan terdepan. Ini dimaksudkan agar bila Anda "tertidur", ada yang mengingatkan/membangunkan.

Terima kasih buat Dr. Dito Anugoro, salam hangat dari saya, Dodik Kurniawan.

0 komentar: